Senin, 09 Mei 2016

Cara Menghemat Tagihan Listrik

Cara Menghemat Listrik

Sobat terkejut saat melihat tagihan listrik...? Listrik merupakan energi yang banyak digunakan untuk keperluan sehari hari misalnya seperti untuk penggunaan Setrika, AC, Kulkas dan lain lain. Listrik juga bisa didapat dengan banyak cara, contohnya dengan memanfaatkan energi sinar matahari dengan perantara panel surya dan jadilah listrik. Terkadang sobat heran kenapa tagihan listrik bulan ini melonjak drastis dari bulan bulan sebelumnya. Berikut ini saya akan membagikan ilmu cara menghemat listrik.

Cara Menghemat Listrik :
1. Lepaskan semua charger baik charger HP ataupun charger laptop yang tidak digunakan. Karena secara ilmu kelistrikan jika charger tetap menancap maka listrik pun tetap akan tersedot walaupun charger itu tidak digunakan. Dan akhirnya listrik pun terbuang sia sia.

2. Jika peralatan elektronik dalam rumah misalnya TV, Kulkas, AC, Radio, Komputer dan sebagianya tidak digunakan dalam jangka waktu lama, maka sobat perlu menekan tombol off. Akan tetapi walupun sudah menekan tombol off listrik tetap terbuang sia sia. Maka dari itu sobat perlu mencabut dari pusat sumber listrik.

3. Sobat perlu memperhatikan penggunaan steker secara bertumpuk karena penggunaan steker secara bertumpuk akan menimbulkan arus pendek atau yang lebih dikenal dengan korsleting. Dari hubungan arus pendek dapat terjadi kebakaran.

4. Jika sobat masih saja kesulitan dalam penggunaan listrik maka sobat perlu beralih ke listrik prabayar. Cara penggunaan listrik prabayar bisa dibilang cukup mudah karena cara kerjanya seperti pulsa HP. Dengan seperti itu sobat dapat membeli pulsa untuk listrik dengan perencanaan yang matang dan sobat juga bisa mengontrol listrik sobat dengan mudah.

5. Jika ingin lebih hemat listrik sobat bisa menggunakan energi alternatif yaitu menggunakan panel surya atau dengan kincir tenaga angin atau bisa juga menggunakan turbin air.

Demikian tadi cara menghemat tagihan listrik semoga bermanfaat untuk sobat para pengguna listrik dan ingat pesan saya sobat harus lebih hemat lagi dalam menggunakan listrik. Terima Kasih.
Load disqus comments

0 komentar