Kamis, 21 April 2016

Komputer Sobat Sering Not Responding..? Ini Solusinya


Komputer sobat sering mengalami lelet, macet atau ngeblank...? Sobat mungkin sering mengalami komputer tiba tiba ngeblank atau komputer lelet. Salah satu penyebabnya mungkin RAM sobat yang digunakan sudah cukup penuh, sehingga menyebabkan hal hal yang tidak diinginkan.

Sebelumnya saya akan mengenalkan sobat kepada RAM. RAM (Random Access Memory) adalah perangkat komputer yang bertugas untuk penyimpanan data sementara yang termasuk salah satu komponen penting pada komputer.

Jika suatu komputer tidak memiliki RAM maka komputer tersebut tidak akan bisa digunakan. Dalam perkembangan kapasitas RAM saat ini memiliki ukuran 2 GB, 4 GB,... dst. Akan tetapi perkembangan RAM saat ini diimbangi dengan perkembangan software dan game canggih yang memerlukan RAM besar. Sehingga komputer sobat mengalami Overload, sobat juga bisa mengecek total memory RAM yang dipakai melalui task manager dengan menekan Ctrl + Shift + Esc.

Berikut cara mengurangi RAM yang penuh :

1. Matikan Program Yang Tidak Perlu
    Cara yang pertama ini cara yang paling mudah untuk mengatasi RAM yang penuh. Jika komputer ngeblank maka dapat diatasi dengan mematikan program yang tidak penting di Task Manager. Dalam Task Manager sobat juga bisa mengawasi Performance dari CPU, RAM, maupun kecepatan jaringan. Untuk menuju Task Manager sobat bisa dengan menekan Ctrl + Shift + Esc.

Windows Task Manager

2. Buat Shortcut Pembersih Warna.
    Cara yang kedua sobat bisa menggunakannya setiap saat dengan cara mengklik 2 kali pada shortcut pembersih RAM. Cara membuat shortcutnya yaitu dengan cara "klik kanan pada tampilan dekstop -- New -- Shortcut -- Masukkan pada kotak shortcut perintah %windir%\system32\rundll32.exe   advapi32.dll,ProcessIdleTasks -- Berikan nama -- Finish"

Create shortcut

3. Sobat Gunakan Software Utility
    Sobat bisa menggunakan software utility pihak ketiga untuk membersihkan semua sampah dan cache yang tersimpan dalam memory sobat. Saran saya sobat gunakan software utility seperti CCleaner, RAM Booster seperti IObit RAM Booster, Tune Up Utility atau bisa juga sobat gunakan pembersih bawaan windows.

disk cleanup

Load disqus comments

0 komentar