Jumat, 22 April 2016

Menjalankan Banyak Aplikasi Dengan Sekali Klik

Windows Batch File

Apakah sobat sudah pernah mencoba trik ini...? Dalam postingan saya kali ini, saya akan memberikan sedikit ilmu dalam kecanggihan teknologi saat ini. Yaitu membuka aplikasi hanya dengan satu klik saja. Cara ini biasanya disebut dengan Windows Batch File.
Batch yaitu salah satu script asli yang dapat dijalankan di Windows yang akan diseksekusi pada Common Line. Untuk lebih memudahkan dalam melakukan batch file ini, sobat bisa terapkan langsung di CMD (Command Prompt) yang sudah dirancang dalam windows versi berapapun.

Cara Membuat Batch File :

Dalam membuat batch file cara paling mudah yaitu menggunakan script yang ditulis di Notepad atau Wordpad. Untuk script nya sobat bisa lihat dibawah ini :

@echo off

cd "C:\Program Files\Internet Download Manager"
start IDMan.exe

cd "C:\Program Files\Google\Chrome\Application"
start chrome.exe

exit 

Setelah selesai menulis script sobat simpan dengan format "namafile.bat". Cara menggunakannya tinggal klik lalu akan menjalankan program Internet Download Manager dan Google Chrome.

@echo off
        Perintah ini sangat sangat penting karena perintah ini digunakan untuk menjalankan command prompt secara  otomatis.

cd "C:\Program File\Google\Chrome\Application"
        Perintah ini digunakan untuk pemindahan direktori.Dimana direktori tersebut merupakan tempat dimana file yang sobat akan tersimpan.

start chrome.exe
        Perintah ini  merupakan perintah yang digunakan pemanggilan direktori yang memang sudah diperintah pada script diatasnya. Jadi sobat akan menjalankan program Google Chrome.

exit
        Perintah ini merupakan akhir dari semua script.

Demikian cara menjalankan aplikasi dengan sekali klik menggunakan batch file. Penggunaannya memang mudah tapi sobat perlu tahu. Jika sobat ingin menjalankan program yang banyak, sobat juga harus mempertimbangkan spesifikasi komputer yang sobat punya.


Load disqus comments

1 komentar: